Jumat, 10 Juni 2011

Tugas Karangan ilmiah Daniel

PERANCANGAN SISTEM KECERDASAN BUATAN
PADA PERMAINAN CATUR
BERBASIS BAHASA C














SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh
Gelar Sarjana Komputer (S.Kom.)
pada Program Strata I (S-1)


Ignatius Daniel
08110110008


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
TANGERANG
2012

HALAMAN PENYETUJUAN

Skripsi yang berjudul “Perancangan Sistem Kecerdasan Buatan pada Permainan Catur Berbasis Bahasa C” oleh Ignatius Daniel ini telah disetujui untuk diajukan dalam Sidang Skripsi Universitas Multimedia Nusantara

Oleh:


         Dosen Pembimbing I                                                     Dosen Pembimbing II



Januar Wahjudi, S.Kom., M.Sc.                                Maria Irmina Prasetyawati, S.Kom., M.T.





HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi yang berjudul “Perancangan Sistem Kecerdasan Buatan pada Permainan Catur Berbasis Bahasa C” telah diujikan pada Rabu, 4 Mei 2011, pukul 13.00 s.d. 15.00 dengan susunan penguji sebagai berikut.


Nama                                                                                                               Tanda Tangan

1. Maria Irmina Prasetyawati, S.Kom., M.T./Pembimbing
2. Hira Meidia, B.Eng., Ph.D./Penguji I
3. Guson Prasamuarso Kuntarto, S.T., M.I.T./Penguji II



    Disahkan oleh
                                                                                                            Ketua Program Studi
 Teknik Informatika
           Universitas Multimedia Nusantara




Januar Wahjudi, S.Kom., M.Sc.







Kata Pengantar


            Setiap hal yang kita terima harus kita syukuri, baik untuk hal yang kecil maupun yang besar. Begitu pula dengan keberhasilan penulis dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “Perancangan Sistem Kecerdasan Buatan pada Permainan Catur Berbasis Bahasa C” yang ditujukan kepada Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Multimedia Nusantara, rasa syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Sang Mahadaya Ilmu.
            Selain untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom.), skripsi ini dihadirkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kecerdasan buatan. Skripsi ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk implementasi kecerdasan buatan secara konseptual maupun faktual.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dr. Ninok Leksono selaku Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Januar Wahjudi, S.Kom., M.Sc. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika sekaligus dosen pembimbing, Maria Irmina Prasetyawati, S.Kom., M.T. selaku dosen pembimbing, serta Hira Meidia, B.Eng., Ph.D. dan Guson Prasamuarso Kuntarto, S.T., M.I.T. selaku tim penguji. Selain itu, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di Universitas Multimedia Nusantara atas bantuan dan dukungannya terhadap penulis.
            Terakhir penulis ucapkan terima kasih juga kepada keluarga tercinta: Mama, Papa, dan saudara-saudara atas doa yang dipanjatkan pada Tuhan untuk penulis.
            Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama para mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang kecerdasan buatan.

Tangerang, Mei 2011
Dengan hormat,

Penulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar