Selasa, 07 Juni 2011

Kepadatan Penduduk di Indonesia - Aditya Jaya Lauson 08110110017


Siapa yang tidak kenal Indonesia?Tentu saja kita semua mengenal Indonesia sebagai warga negara Indonesia yang baik.Merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tercatat sebagai negara terbesar keempat dalam hal jumlah pendudukoleh CIA di dalam https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html.

Indonesia mengalami masa penjajahan selama tiga setengah abad di bawah tirani Belanda dan tiga setengah tahun di bawah Jepang. Indonesia adalah negara yang pertama kali mendeklarasikan kemerdekaannya setelah kekalahan Jepang pada 17 Agustus 1945, hanya tiga hari sesudah Jepang menyerah tanpa syarat karena Hiroshima dan Nagasaki dibom.Selama masa penjajahan sepanjang tiga setengah abad inilah citra Indonesia sangat jauh dari sebuah negara yang padat penduduknya. Penduduk Indonesia yang ditindas dalam masa penjajahan yang berkepanjangan mengalami kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan sehingga sulit untuk berkembang.

Setelah kemerdekaan Indonesia, terjadilah pertumbuhan penduduk yang pesatnya ibarat jamur yang tumbuh di musim hujan. Lebih dari seperempat penduduk Indonesia berusia di bawah 14 tahun, tepatnya 27,3% menurut CIA di dalam https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html. Berbagai program telah dilakukan untuk mencegah ledakan penduduk di Indonesia, yang paling terkenal di antara program-program tersebut adalah program Keluarga Berencana. Namun, kepadatan penduduk di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta sebetulnya disebabkan oleh tingginya tingkat urbanisasi di Indonesia. Bahkan, diberitakan oleh Lintas Berita di dalam http://www.lintasberita.com/Dunia/Berita-Dunia/jakarta-peringkat-4-di-top-10-kota-terpadat-didunia bahwa Jakarta adalah kota terpadat keempat di dunia.

Hal ini sulit dipercayai, tetapi bersumber dari informasi CIA dalam https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html,40% dari penduduk Indonesia tinggal di daerah perkotaan.Tidak mengherankan jika hanya dengan luas tanah sebesar 661 km2 menurut wikipedia di dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Jakarta, Jakarta dihuni oleh lebih dari sembilan juta penduduk. Saya sebagai mahasiswa yang pernah berkeliling Jakarta dan kenal dengan kemacetan di Jakarta kesulitan membayangkan sepadat apakah kota terpadat di dunia. Saya berharap saja bahwa masalah urbanisasi ini dapat disadari dan diatasi oleh para pemimpin negara ini.


Daftar Pustaka

Lintas Berita. 2011. “Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat di Dunia”. Dalam http://www.lintasberita.com/Dunia/Berita-Dunia/jakarta-peringkat-4-di-top-10-kota-terpadat-didunia.

The World Factbook. 2011. “Indonesia”. Dalam https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html.

Wikipedia. 2011. “Jakarta”. Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Ja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar