Rabu, 08 Juni 2011

Dampak Positif dan Negatif dari Game Online


Oleh: Rudy Surya Jaya K.

Maraknya game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya kacau sampai siswa atau mahasiswa yang tidak lulus. Bermain game memang mempunyai sisi positif dan negatif. Dari segi positif, gamer bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual barang di game. Memang terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walaupun penelitian ini masih belum bisa dipertanggung jawabkan.
Apa akibatnya kalau bermain game berlebihan? Efeknya bisa sangat fatal, dari kehidupan nyata yang kacau, tidak lulus sekolah atau kuliah bagi yang masih berstatus pelajar sampai kejahatan karena kehabisan uang untuk bisa bermain game online. Sehubungan dengan itu, diperlukan kewaspadaan dari orang tua bagi anak-anak yang masih kecil. Memang lebih baik anak-anaknya bermain game dari pada bergaul dengan orang tidak jelas yang mungkin menjeratnya ke kasus narkoba yang sekarang marak terjadi. Orang tua perlu menanamkan pemahaman ke anaknya bahwa bermain game adalah pengisi waktu luang dan jangan dijadikan sebagai prioritas.
Gamer yang sudah dewasa diharapkan bisa berpikiran lebih jernih. Kita harus memikirkan skala prioritas untuk apa bermain game. Jika tujuan kita hanya  sekedar hobi, bermain game jangan berlebihan atau dijadikan prioritas. Namun, jika tujuannya memenangkan sebuah pertandingan  atau mendapatkan uang dari hasil bermain game, game boleh dijadikan prioritas.
Beberapa dampak positif game online:
1.      meningkatkan kemampuan konsentrasi,
2.      meningkatkan ketajaman penglihatan,
3.      meningkatkan kinerja otak,
4.      meningkatkan kemampuan membaca,
5.      meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,
6.      meningkatkan kemampuan bersosialisasi,
7.      meningkatkan kecepatan mengetik, dan
8.      meningkatkan kemampuan berdagang.
Walaupun memiliki banyak efek positif, game online juga memiliki beberapa dampak negatif:
1.      menimbulkan efek ketagihan,
2.      membuat kehidupan nyata menjadi berantakan,
3.      membuat orang berpikiran pendek,
4.      membuat orang menjadi terkucilkan,
5.      mengganggu kesehatan, dan
6.      pemborosan.
Kesimpulannya, gamer harus bisa menentukan skala prioritas yang baik untuk bermain game online agar dia dapat menikmati dampak positif dan menghindari dampak negatif dari game online yang dimainkannya.

Dikutip dari http://icanelsciere.blogspot.com/2010/01/dampak-positif-dan-negatif-dari-game.html dengan beberapa perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar