Jumat, 10 Juni 2011

Tugas Artikel Daniel

Olahraga Pengasah Otak

Mengapa catur dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga? Mungkin pertanyaan ini seringkali terlintas di pikiran anda. Olahraga yang mengandalkan kepintaran ini mungkin lebih tepat disebut sebagai permainan. Namun, dimasukkannya catur sebagai salah satu cabang olahraga ternyata bukan tanpa alasan.  Ditemukan fakta bahwa jumlah kalori yang dibakar pada saat memainkan sebuah partai yang serius, sama banyaknya dengan saat memainkan olahraga fisik lain seperti basket dan sepakbola.
Ada sesuatu yang terjadi di otak, proses metabolisme yang menyebabkan tubuh membakar kalori. Banyak energi yang dikeluarkan ketika seseorang bermain partai catur yang serius. Ini membuktikan bahwa catur juga mengandung unsur fisik, yang berarti mencakup unsur olahraga.  Faktor lain yang mendukung catur sebagai olahraga adalah unsur kompetisi. Dalam bermain catur, tujuan utama pemain adalah untuk mengalahkan lawan. Sehubungan dengan itu, akan terbentuk suasana kompetisi di antara pemain, yang merupakan salah satu unsur olahraga. Oleh karena itu, tidaklah salah apabila catur disebut sebagai olahraga.
Dalam setiap cabang olahraga, tentu saja ada keterampilan khusus yang dibutuhkan. Pada basket misalnya, dibutuhkan keterampilan untuk mengoper dan menembak bola. Dalam catur, keterampilan yang dibutuhkan seorang pecatur adalah keterampilan untuk membuat strategi yang baik dan membaca strategi musuh. Namun, keterampilan itu tidak dapat dikuasai dengan mudah, melainkan harus dipelajari dan dilatih. Oleh karena itu, catur sering digambarkan sebagai permainan yang mudah untuk dipelajari, tapi sulit untuk dikuasai.
Olahraga yang berasal dari India ini juga memiliki banyak peraturan. Pada awalnya, catur dimainkan oleh empat orang dan papan catur terdiri dari 100 kotak atau lebih. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, peraturan pada catur tradisional banyak mengalami perubahan. Catur yang kita kenal sekarang, dimainkan oleh dua pemain dan hanya terdiri dari 64 kotak. Selain itu, permainan catur yang dulu bisa berlangsung selama beberapa jam, kini dibatasi menjadi dua jam untuk catur biasa dan lima menit untuk catur cepat.


Selain sebagai olahraga, terdapat beberapa pandangan lain mengenai catur. Bobby Fischer yang merupakan juara dunia 1972-1975, dikenal sebagai maestro catur yang legendaris. Ia memandang catur sebagai seni, di mana papan catur bagaikan sebuah kanvas dan biji catur adalah alat untuk berekspresi. Baginya, catur adalah seni karena relasi antara biji catur dapat menghasilkan harmoni seumpama simfoni atau lukisan yang indah. 
Vassily Smyslov, seorang pemain catur profesional, merupakan seorang individu dengan multi talenta. Kecintaan Smyslov selain catur adalah musik. Bahkan, mantan juara dunia ini adalah seorang penyanyi opera yang disegani di masa mudanya. Beliau menemukan banyak hubungan antara catur dan musik. Smyslov menggambarkan relasi dan komunikasi antara biji-biji catur sebagai harmoni, sehingga catur dapat disebut sebagai suatu seni.
Selain itu, catur merupakan sebuah permainan dengan prinsip-prinsip yang dapat dirumuskan, seperti bagaimana strategi di posisi tertentu atau bagaimana strategi untuk menguasai teritori lawan. Bahkan, terdapat berbagai macam rumus pada catur untuk membentuk suatu formasi ataupun menangkal formasi tertentu. Strategi tersebut dapat dipelajari dan dirumuskan ke dalam teori, serta dapat dibuktikan. Oleh karena itu, catur merupakan sebuah cabang ilmu.
Jadi, apakah catur itu seni, olahraga, atau ilmu? Perdebatan ini telah berlangsung berabad-abad. Namun, pada akhirnya para ahli berpendapat bahwa catur terlalu kompleks untuk dikategorikan bagian per bagian, karena sesungguhnya catur adalah kombinasi dari ketiganya, yaitu seni, olahraga, dan ilmu. 

            



Ignatius Daniel-08110110008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar