Jumat, 10 Juni 2011

Manfaat Keringat - Dennis 08110110009


Apa Manfaat Keringat ?
oleh : Gregorius Dennis

            Tahukah anda mengapa kita berkeringat? Selama ini, kita sering mengeluarkan keringat baik disengaja maupun tidak seperti saat sedang berolahraga. Seringkali kita sering kesal bila berkeringat karena bau dan lengket di kulit.  Tanpa kita sadari, selain bau dan lengket di kulit, keringat ternyata sangat bermanfaat bagi kondisi tubuh kita.
            Dalam jurnal suatu penelitian, tercatat suatu penelitian tentang keringat terhadap 37 orang pria dan wanita. Sebagian dari para sukarelawan tersebut diminta untuk bersepeda selama lebih dari satu jam untuk mengukur jumlah keringat yang dikeluarkan serta efeknya bagi tubuh. Dari hasil penelitian diketahui bahwa keringat mampu menurunkan suhu tubuh yang meningkat pada saat melakukan aktifitas. Selain itu, diketahui bahwa jumlah keringat pria jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah keringat wanita. Hal ini membuktikan bahwa tubuh wanita buruk dalam mendinginkan suhu tubuh dari panas yang ditimbulkan oleh aktifitas kerja.
            Selain berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, penelitian tersebut juga menemukan bahwa keringat yang keluar melalui pori – pori kulit akan mengikat racun yang ada di dalam tubuh sehingga racun keluar bersama dengan keringat, diantaranya yaitu merkuri, arsenic, dan dioxin. Sebanyak 10 persen racun di dalam tubuh keluar bersama keringat , 25 persen akan keluar bersama urin ,dan sisanya akan disaring oleh hati dan ginjal.
            Dari kesimpulan di atas, dapat disimpulkan bahwa berkeringat itu menyehatkan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga cairan yang ada di dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi dengan cara minum air putih yang cukup untuk menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar