Jumat, 10 Juni 2011

Tugas catatan perut Daniel

Kecerdasan buatan  merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer. Dalam era modern, konsep kecerdasan buatan dalam bidang komputer ditemukan pertama kali oleh Turing (1950: 442), yang mempertanyakan apakah mesin dapat berpikir. Menurut Harnad (2001: 401), pertanyaan tersebut seharusnya berbunyi "Can machines do what we (as thinking entities) can do?" Dengan kata lain, pertanyaan berfokus bukan pada bagaimana mesin berpikir, melainkan pada bagaimana mesin bertindak (Harnad, 2001: 425).
Penerapan kecerdasan buatan pada program komputer sangat beragam dan salah satunya adalah pada permainan komputer (Luger, 2009: 55). Kecerdasan buatan pada permainan merujuk pada teknik yang digunakan dalam komputer untuk memproduksi kecerdasan dari karakter yang dikendalikan komputer. Salah satu proses yang sering digunakan adalah state space search. Menurut Luger (2009: 63),
State space search is a process used in the field of computer science, including artificial intelligence (AI), in which successive configurations or states of an instance are considered, with the goal of finding a goal state with a desired property.
Problems are often modelled as a state space, a set of states that a problem can be in. The set of states forms a graph where two states are connected if there is anoperation that can be performed to transform the first state into the second.
State space search often differs from traditional computer science search methods because the state space is implicit: the typical state space graph is much too large to generate and store in memory. Instead, nodes are generated as they are explored, and typically discarded thereafter. A solution to a combinatorial search instance may consist of the goal state itself, or of a path from some initial state to the goal state.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar